Jumat, 29 Desember 2023

PRINSIP IBADAH

 

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ .ص. : مَا تَرَكْتُ شَيْئًا يُقَرِّبُكُمْ اِلَى اللهِ تَعَالَى اِلَّا وَقَدْ اَمَرْتُكُمْ بِهِ وَمَا تَرَكْتُ شَيْئًا يُبْعِدُكُمْ عَنِ اللهِ تَعَالَى اِلَّا وَقَدْ نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ -- الطبؤني

Rasulullah saw. bersabda: “Aku tidak meninggalkan sesuatu pun yang dapat mendekatkanmu kepada Allah swt., melainkan telah aku perintahkan kepadamu, (demikian pula) aku tiada meninggalkan sesuatu yang dapat menjauhkanmu dari Allah, melainkan aku telah melarangmu darinya”. (H.R. Thabrâni).

 Perbedaan prinsip dalam urusan agama dan dunia;

 1). Asal/Dasar dalam Urusan Ibadah

 ° اَلْاَصْلُ فِى الْعِبَادَةِ اَلتَّوْقِيْفُ وَالْاِتِّبَاعُ وَبِعِبَارَةٍ اُخْرَى

 ° اَلْاَصْلُ فِى الْعِبَادَةِ اَلْبُطْلَانُ حَتَّى يَقُوْمَ دَلِيْلٌ عَلَى الْاَمْرِ

 

● Prinsip dasar dalam beribadah ialah menangguhkan dan mengikuti contoh. Ungkapan lain (mengatakan),

● Prinsip dasar dalam beribadah adalah batal, sampai ada dalil yang memerintahkan keberadaannya.

 

KETERANGAN:

Dalam urusan dunia, pada dasarnya boleh, dan tidak terlarang, kecuali ada keterangan/dalil yang melarang.

 

Oleh sebab itu dalam urusan duniawi seyogianya terlebih dahulu mencari dalil/keterangan yang melarang, mengharamkan dan bukan mencari dalil yang menghalalkan.

 2). Asal/Dasar dalam Urusan Dunia & Muamalah

 

اَلْاَصْلُ فِيْ اَمْرِ الدُّنْيَا اَلْعَفْوُ, وَبِعِبَارَةٍ اُخْرَى : اَلْاَصْلُ فِيْ الْعُقُوْدِ وَالْمَعَامَلاَتِ الصِّحَّةُ حَتَّى يَقُوْمَ دَلِيْلٌ عَلَى الْبُطْلاَنِ و التَّحْرِيْمِ

Pengertian asal/dasar dalam urusan keduniaan adalah boleh. Dan pada ungkapan lain; “asal dalam aqad muamalah (jual beli) adalah boleh, kecuali ada dalil/keterangan yang melarang.” (al-Bayân, hal: 230).

 3). Perbedaan Prinsip antara Ibadah dan Adat

 ° اَلْاَصْلُ فِى الْعِبَادَةِ غَيْرُ مَعْقُوْلِ الْمَعْنَى، وَفِى الْعادَةِ مَعْقُوْلُ الْمَعْنَى

Pada asalnya dalam beribadah itu tidak dapat difahami oleh akal (sebab-sebabnya), sedangkan dalam adat kebiasaan dapat difahami akal.”

 Urusan ibadah itu tidak dapat dimengerti sebab-sebabnya. Contoh: mengapa shalat zhuhur empat raka’at, shubuh dua raka’at dan lain sebagainya.

 عَنْ انَسٍ .رع. قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ.ص. : اِذَا كَانَ شَيْئٌ مِنْ اَمْرِ دُنْيَاكُمْ فَاَنْتُمْ اَعْلَمُ بِهِ فَاِذَا كَانَ مِنْ اَمْرِ دِيْنِكُمْ فَاِلَيَّ  -- احمد

Dari Anas r.a. ia .telah berkata; Telah bersabda Rasulullah saw.: “Apabila ada sesuatu urusan duniamu, maka kamu lebih mengetahui. Dan apabila ada urusan agamamu, maka kembalikanlah padaku”. (H.R. Ahmad)

Tidak ada komentar: